SMA Mazra’atul Ulum Paciran adalah salah unit pendidikan yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Lamongan yang secara operasional di bawah Pengurus Madrasah/Sekolah Mazra’atul Ulum Paciran  yang dipimpin oleh Bapak KH. ABDUL GHONI, S.Pd.I, yang berdiri di penghujung bulan Juli 1983.

Lembaga Pendidikan Mazra’atul Ulum Paciran membuka unit sekolah baru tingkat SLTA di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupa sekolah menengah atas (SMA). Mazra’atul Ulum, di samping unit pendidikan yang telah ada sebelumnya di lingkungan Kementerian Agama yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Semasa awal berdiri, SMA Mazra’atul Ulum Paciran berlokasi di kampus sebelah barat desa Paciran. Mulai tahun 1987, SMA Mazra’atul Ulum Paciran dipindahkan ke lokasi gedung sebelah timur berkumpul dengan unit MI 01 Mazra’atul Ulum, TK 01 Mazra’atul Ulum, dan sekarang juga bersama SMK Mazraátul Ulum.

Berdirinya SMA Mazra’atul Ulum Paciran merupakan proyek monumental himpunan alumni Mazra’atul Ulum (HIMAMU) Paciran yang kala itu banyak alumni yang melanjutkan pendidikan di perguruan tingggi baik negeri maupun swasta.

Dalam menjalankan tugas pengabdiannya kepada masyarakat, SMA Mazra’atul Ulum Paciran telah berhasil meluluskan ribuan alumnus. Memasuki dekade ke-3 masa berdirinya, SMA Mazra’atul Ulum Paciran telah membuktikan eksistensi sebagai lembaga yang dinamis, berorientasi ke depan, mampu bermitra dengan masyarakat, berpacu dengan perubahan, dan sanggup memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas dan memuaskant. Indikasinya adalah jumlah siswa yang terus meningkat diiringi prestasi yang membanggakan.

Saat ini, tak kurang 300an siswa belajar dan menuntut ilmu di sekolah ini. Di bawah asuhan para guru yang kompeten sesuai bidang dan keahlian masing-masing.

SEJARAH SMA MAZRA’ATUL ULUM PACIRAN LAMONGAN

Lembaga Pendidikan Mazra’atul Ulum Paciran di penghujung bulan Juli 1983  membuka unit sekolah baru tingkat SLTA di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) Mazra’atul Ulum di samping unit sekolah yang sudah ada sebelumnya di lingkungan Departemen Agama yaitu Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

SMA Mazra’atul Ulum Paciran merupakan salah satu unit yang berada dibawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Lamongan yang berdiri pada tanggal 3 Juli 1983 dengan Kepala Sekolah yang pertama adalah Bapak Abd. Malik, B. A.

Berdirinya SMA Mazra’atul Ulum Paciran merupakan proyek monumental Himpunan Alumni Mazra’atul Ulum (HIMAMU) Paciran yang kala itu banyak alumnus yang melanjutkan studinya di Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta.

Setelah satu windu berjalan tampak kepemimpinan secara berturut-turut dipegang oleh Bapak Drs. H. Abdur Rohim, Bapak Drs. Fathan, Bapak Abd. Malik, B.A, dan Bapak Drs. H. Abdur Rohim. Tahun 2004, di bawah kepemimpinan Bapak Drs. Husnul Huda, M.Pd SMA Mazra’atul Ulum berstatus Terakreditasi Tipe A (Disamakan).

Setelah dua periode memimpin SMA Mazra’atul Ulum Paciran, kepemimpinan SMA Mazra’atul Ulum Paciran kembali kepada Bapak Abd. Malik, S. Pd, M.Pd kemudian diteruskan oleh Bapak Drs. Najib, M.Pd, Bapak Saiful Arif, S.Pd. dan sekarang Ibu  Hj. Dewi Makiyah, S.Pd.

Berbekal visi untuk mencetak siswa yang memiliki iman dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Cerdas, Terampil, Bermoral dan Berbudaya, menjadikan SMA Mazra’atul Ulum Paciran memiliki komitmen kuat untuk membentuk pribadi dan karakter siswa melalui pendidikan dan norma-norma agama.

Untuk mendukung visinya, SMA Mazra’atul  Ulum Paciran menerapkan beberapa misi di antaranya adalah melaksanakan KBM secara efektif sehingga siswa dapat mengembangkan diri secara optimal menumbuhkan semangat keunggulan kepada seluruh warga sekolah maka tidaklah heran jika banyak prestasi yang diraih oleh siswa-siswi   SMA Mazraatul Ulum Paciran ini.

Lembaga pendidikan ini terus berupaya untuk mendorong setiap siswa mengenali dirinya dengan baik melalui pengembangan pendidikan karakter, siswa juga dimotivasi untuk mengembangkan penghayatan terhadap agama yang dianut serta ditanamkan nilai-nilai kecintaan terhadap budaya bangsa.

SMA Mazraatul Ulum ini secara sistematik mampu meningkatkan potensi siswa untuk berprestasi secara akademik dan non-akademik agar siswa mempunyai minat dan bakat sehingga mampu mengharumkan nama sekolah dan daerah Lamongan.

Dengan menerapkan menejemen partisipatif, SMA Mazra’atul Ulum mampu meraih dan menggandeng Komite Sekolah, Wali Murid, serta Dinas Pendidikan setempat untuk bersama-sama mewujudkan pendidikan yang berkualitas, berkarakter, dan berbudaya.

Dalam meningkatkan tugas pengabdiannya kepada negara, SMA Mazra’atul Ulum Paciran telah berhasil meluluskan ribuan alumnus, di usianya yang ke-33, hasil SMA Mazra’atul Ulum telah membuktikan eksistensinya sebagai lembaga yang dinamis, berorientasi ke depan, mampu bermitra dengan masyarakat, berpacu dengan perubahan dan sanggup memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas dan memuaskan masyarakat, indikasinya jumlah siswa yang terus meningkat dan bahkan prestasinya juga bisa dibanggakan. (AM)